Selasa 20 May 2014 05:15 WIB

Pernikahan Usia Dini di Indonesia Tinggi

Logo BKKBN
Logo BKKBN

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) BKKBN Pusat, Dr Sudibyo Alimoeso MA mengatakan, perkawinan usia muda di Indonesia cukup tinggi, sehingga memicu terjadinya kasus KDRT dan banyak berakhir dengan perceraian.

"Paling banyak kasus kawin muda terjadi di Kaltim, Banten, Jabar dan di Sumatera yakni Bangka Belitung dengan usia perkawinan 19-20 tahun begitu pula di NTT," kata dia dalam kuliah umum bagi 500-an remaja Riau, di Pekanbaru, Senin (19/5).

Menurut dia, mirisnya di NTT bahkan ada tradisi seorang remaja perempuan dibawa lari oleh remaja laki-laki dan kemudian baru dinikahinya.

Akan tetapi masalahnya, katanya, nikah dini tentu rawan terjadi perceraian karena laki-laki belum punya pekerjaan hingga tidak bisa menafkahi keluarganya sehingga ini berbahaya untuk berumah tangga.

"Kasus ini juga antara lain dipicu oleh UU Perkawinan yang menetapkan usia perkawinan resminya adalah 18 tahun, namun kenyataannya justru banyak yang menikah dalam usia 16 tahun," katanya.

Perkawinan dalam usia muda cenderung kondisi sosial ekonomi mereka belum mantap di samping itu organ produksi perempuan juga belum siap untuk melahirkan sehingga berdampak pula terhadap tingginya angka kematian ibu hamil dan melahirkan.

Namun pada 158 negara di dunia justru menetapkan usia perkawinan resmi 18 tahun sehingga UU Perkawinan Indoensia perlu direvisi.

Sementara itu untuk menekan kasus perkawinan usia dini ini orang tua harus menjadi panutan bagi mereka dan remaja pengurus PIK harus mampu menjadi konselor dan berkomunikasi dengan remaja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement