Ahad 11 May 2014 11:00 WIB

16 Hektare Hutan Riau Hangus Terbakar Selama Mei

Kebakaran hutan (ilustrasi)
Foto: EPA/Nuno Andre Ferreira
Kebakaran hutan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sekitar 16 haktere hutan dan lahan di sejumlah wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau terbakar selama bulan Mei 2014. Demikian data Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) setempat.

"Titik kebakaran lahan selama bulan Mei ini berada di Kota Dumai yakni 13 hektare lahan telah hangus," kata Kepala BPBD Riau, Said Saqlul Amri, kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima Minggu pagi.

Sementara sisanya, lanjut kata dia, yakni seluas tiga hektare lahan hangus berada di Kabupaten Rokan Hilir.

Menurut data Satuan Tugas Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, sebanyak dua titik kebakaran lahan telah berhasil dipadamkan.

Satgas sejauh ini masih dalam kondisi siaga mengantisipasi terjadinya kebakatan hutan dan lahan. Menurut data yang dirangkum BPBD Riau, sepanjang akhir Februari hingga pertengahan April 2014 terdapat 242 titik kebakaran lahan yang tersebar di sejumlah wilayah kabupaten/kota. Sementara, luas lahan yang terbakar ketika itu tercatat ada sebanyak 21.925 hektare.

Peristiwa kebakaran lahan paling dahsyat terjadi di Kabupaten Bengkalis yakni menghanguskan sedikitnya 8.221 hektare dan di Meranti ada sebanyak 7.215 hektare.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement