Kamis 08 May 2014 16:34 WIB

Tiket Mudik Kereta Api H+3 Ludes

Rep: Eko Widyanto/ Red: A.Syalaby Ichsan
  Calon penumpang membeli tiket kereta api melalui mesin e-Ticketing di Stasiun Besar Kereta Api Indonesia (KAI) Medan, Kamis (27/3). (Antara/Widodo S. Jusuf)
Calon penumpang membeli tiket kereta api melalui mesin e-Ticketing di Stasiun Besar Kereta Api Indonesia (KAI) Medan, Kamis (27/3). (Antara/Widodo S. Jusuf)

REPUBLIKA.CO.ID,vPURWOKERTO -- Hari Raya Idul Fitri dinilai sangat berarti bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini terbukti dengan masih tingginya animo masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dengan menggunakan untuk sarana angkutan KA. Sejak H-6 sebelum lebaran, tiket KA reguler benar-benar sudah ludes terjual.

Sementara untuk hari-hari sesudah lebaran atau musim arus balik, kondisinya demikian juga. Bahkan untuk perjalanan KA H+2 dan H+3 setelah lebaran, tiket mudik KA reguler yang disediakan, juga sudah habis terjual.

''Ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia, benar-benar masih memegang kuat tradisi mudik pada masa lebaran. Meski lebaran sudah berlalu, ternyata warga ingin mudik ke kampung halaman masih sangat tinggi,'' kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, Kamis (8/4).

Menurut Surono, dari data online Rail Ticketing System (RTS) PT KAI, tercatat bahwa tiket mudik dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya hingga H+3 setelah lebaran, juga sudah habis.

''Berdasarkan data ini, maka selama hari H, H+1 dan H+2, seluruh perjalanan KA akan penuh dengan penumpang. Baik KA yang melakukan perjalanan dari kota-kota selatan Jateng menuju Jakarta, maupun sebaliknya,'' kata Surono.

Data pantauan online ticketing Kamis (8/5) pagi, menunjukan tiket KA untuk  mudik lebaran dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogya, Malang dan Surabaya yang telah terjual  habis adalah untuk keberangkatan H-6 (22/7) sampai dengan H2 lebaran (29/7).

''Untuk tanggal-tanggal ini semua KA reguler telah habis terjual. Bahkan untuk KA bisnis dan ekonomi, yang tiketnya sudah habis terjual adalah untuk perjalanan H-7 (21/7) hingga H+2 setelah lebaran,'' katanya.

Sementara untuk tiket arus balik pascalebaran tujuan Jakarta, tiket keberangkatan H+3 (1/8) sampai dengan H+8 (6/8)  juga telah habis terjual. Sementara untuk H+2 (31/7) tinggal menyisakan 170 an tiket hanya untuk KA Bima. Untuk KA- KA yang lain keberangkatan H+2 sampai dengan H+8 semua telah habis.

Seluruh tiket yang telah terjual habis tersebut merupakan tiket KA reguler. Sedangkan tiket KA tambahan lebaran belum dibuka penjualannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement