Kamis 08 May 2014 14:20 WIB

Tekad Depok Jadi Kota Digital Valley

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gapura Kota Depok (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Gapura Kota Depok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Jika di luar negeri ada Sillicon Valey, daerah yang dikenal sebagai markasnya para pelaku bisnis perusahaan rintisan (startup) teknologi. Maka, Depok juga berkeinginan menjadikan kotanya sebagai kota Digital Valley.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama-sama pengusaha dan komunitas teknologi informasi di kota Depok akan menggelar Depok ICT Award (Depicta) Pada 12-18 Mei 2014.

''Depok Digital Valley rencananya akan di-support oleh Telkom melalui program CSR-nya,'' ujar Prihandoko, Wakil Ketua DPRD Kota Depok yang juga praktisi TI melalui siaran pers yang disampaikan, Kamis (8/5).

''Digital Valley menjadi pusat inovasi, kegiatan dan informasi terkait ICT di Depok. Diharapkan juga dapat menginkubasi startup (usaha rintisan berbasis digital) di Depok,'' terang Prihandoko.

Depok ICT Award diinisiasi oleh komunitas Depok Cyber bersama Diskominfo Kota Depok, Komunitas Depok Digital, Depok Mobi, Depok Creative, MIFTA, Kapuk Valley, STT NF, Penggiat IT Gunadarma, Universitas Indonesia (UI), dan Code Margonda.

Depok ICT Award akan digelar di pusat perbelanjaan Margo City, Jalan Margonda Raya, Kota Depok. Depicta akan menjadi ajang apresiasi dari dan untuk penggiat serta komunitas teknologi informasi di Depok. Rangkaian kegiatannya mencakup berbagai talkshow dan seminar dengan tema TI serta lomba.

Lomba yang digelar yakni, Lomba blog bagi guru se-Kota Depok, Lomba Komunikasi Informasi Masyarakat (KIM) antar Kelurahan dan Kecamatan, serta lomba inovasi TIK.

Sedangkan Lomba Inovasi TIK untuk Depok ICT Award yang pertama ini akan difokuskan pada pembuatan aplikasi (baik dalam bentuk mobile, web maupun desktop) yang bisa memberikan manfaat bagi Kota Depok, termasuk dalam membantu menghadirkan solusi untuk berbagai permasalahan yang ada atau meningkatkan potensi tertentu.

''Melalui acara Depok ICT Award diharapkan, Depok akan memiliki pusat kegiatan ICT yang menjadi titik temu semua unsur, baik pemerintah, penggiat IT, startup, hingga investor,'' harap Prihandoko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement