Rabu 07 May 2014 18:01 WIB

JokoWOW, Mainan Terbaru Jokowi

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Citra Listya Rini
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai meninjau pembangunan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2 (W2) di Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memamerkan mainan barunya pada wartawan.

Pria yang akrab disapa Jokowi tersebut dengan cekatan memainkan sebuah game berbasis Android di tabletnya. Game yang Jokowi mainkan berjudul JokoWOW. Permainan ini menampilkan animasi Jokowi sedang berada di taman Monas mengenakan pakaian khasnya, kemeja putih dan celana hitam.

Dalam permainan, sosok Jokowi akan diserang oleh tiga rupa musuh, ada yang berbentuk zombie, manusia tikus, dan manusia berkacamata hitam. Sebelum musuh menyerang, orang yang memainkan permainan ini harus mengetikkan setiap kata yang keluar di atas kepala musuh, seperti korupsi, ganja, KKN, miskin, dan maling.

Apabila kata yang diketik benar, maka Jokowi akan menembakkan peluru dari meriam. Musuh pun akan mati. Selain meriam, Jokowi juga memiliki senjata tambahan berupa granat. Granat digunakan untuk membasmi musuh secara massal.

Namun, hanya ada tiga granat yang bisa digunakan. Jika kalah atau game over, maka akan muncul tulisan #akurapopo. Jokowi sendiri terlihat lincah saat memainkan permainan tersebut. Menurut dia, permainan JokoWOW dibuat oleh relawan pendukungnya.

"Ini yang desain relawan. Ya namanya industri kreatif kan macam-macam. Ada game, animasi, komik," ujar calon presiden yang diusung PDIP ini.

Meski begitu, Jokowi mengaku tak mengerti kenapa permainan tersebut dinamakan JokoWOW. "Ya tanyakan sama yang buat," kata suami Iriana tersebut. Menurutnya, tidak ada maksud untuk berkampanye dalam permainan tersebut. Hanya, kata dia, JokoWOW memiliki tujuan mengenalkan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement