Sabtu 03 May 2014 11:12 WIB

Mamuju Mulai Dilanda Kemarau

Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai dilanda kemarau pada awal Mei 2014.

"Kabupaten Mamuju mulai dilanda kemarau pada bulan awal Mei 2014 ini setelah sejak Desember 2013 hingga Mei 2014 dilanda musim hujan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Majene Mujahidin di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan kemarau sebelumnya, melanda seluruh wilayah Sulbar sejak Agustus hingga akhir November 2013.

Menurut dia, dengan berlalunya musim kemarau tahun lalu itu, Kabupaten Mamuju dilanda musim hujan sejak Desember 2013.

"Dan pada awal bulan Mei ini wilayah Kabupaten Mamuju akan dilanda kemarau sehingga patut diwaspadai para petani padi jangan sampai lahan pertaniannya mengalami kekeringan yang dapat berdampak pada hasil produksi pertaniannya," katanya.

Mujahidin mengatakan musim kemarau di Sulbar itu, masih dalam batas normal dan hanya akan berlangsung singkat, dengan perkiraan dua sampai dengan tiga bulan ke depan.

"Diperkirakan musim kemarau yang terjadi di Sulbar akan berakhir pada akhir bulan Agustus atau pada awal bulan September tahun 2014, karena di saat itu kembali musim hujan akan melanda wilayah Mamuju," katanya.

Oleh karena itu ia meminta petani di Mamuju mewaspadai ancaman musim kemarau yang diperkirakan terjadi itu, dengan menyiapkan segala bentuk antisipasi agar tanaman padi mereka tidak terancam kekeringan yang bisa membuat petani menjadi merugi.

"Petani harus mewaspadai ancaman kemarau jangan sampai petani mengalami gagal panen karena tanaman padi mereka kekurangan air. Mulai saat ini semuanya harus diantisipasi, meski musim kemarau ini terbilang singkat, juga harus menjadi perhatian pemerintah setempat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement