Jumat 02 May 2014 18:41 WIB

Ini Pesan Mbah Rono Soal Status Gunung Slamet

Surono
Foto: Antara
Surono

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --  Kepala Badan Geologi Surono meminta warga yang beraktivitas di Gunung Slamet tetap mematuhi jarak aman empat kilometer dari puncak gunung yang saat ini berstatus "Siaga" tersebut.

"Tipe letusan Gunung Slamet memang seperti itu. Asalkan masyarakat mematuhi jarak aman yang telah ditetapkan, maka tidak terjadi apa-apa," kata Surono di Yogyakarta, Jumat (2/5).

Menurut dia, material letusan Gunung Slamet akan jatuh di badannya sehingga gunung yang berada di lima kabupaten tersebut menjadi semakin gemuk dan tinggi.

Hingga saat ini pun, kata dia, belum ada tanda-tanda perubahan letusan Gunung Slamet menjadi eksplosif.

"Yang penting jangan berada kurang dari empat kilometer. Gunung Slamet sedang membagikan berkahnya kepada lingkungan sekitar. Masyarakat sekitar gunung pun masih beraktivitas normal," katanya.

Gunung yang berada di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes tersebut, telah dinaikkan status aktivitas vulkaniknya dari "Waspada" menjadi "Siaga" pada Rabu (30/4) pukul 10.00 WIB.

Peningkatan status dilakukan karena terjadi peningkatan aktivitas seismik gunung tersebut. Pada Selasa (29/4) pukul 00.00-06.00 WIB terjadi 30 kali gempa letusan dan 67 kali gempa embusan asap serta muncul asap tebal kecokelatan hingga kelabu setinggi 150 hingga 700 meter.

Selain itu, terdengar 26 kali dentuman dan terlihat luncuran lava pijar sejauh 1.500 meter dari kawah.

Semburan lava pijar juga nampak jelas dari puncak Gunung Slamet, khususnya saat malam hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement