Jumat 02 May 2014 17:45 WIB

Harga Sembako Masih Stabil

Rep: c76/ Red: Muhammad Hafil
sembako
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
sembako

REPUBLIKA.CO.ID, PASAR MINGGU -- Harga sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar tradisional masih stabil. Sejauh ini, belum ada kenaikan harga sembako yang signifikan.

Di pasar Minggu, Jakarta Selatan, harga beras IR-II turun dari Rp 8.200 menjadi Rp 8.000 per kg. Harga bawang masih Rp 20. ribu per kg, daging sapi Rp 95 ribu per kg. Kenaikan terjadi pada harga telur sebesar Rp 500 menjadi Rp 16 ribu per kg.

Menurut pedagang, naik atau turunnya harga sembako tergantung pada distributor barang serta ketersediaan bahan makanan. Pesta demokrasi pemilu tidak berdampak pada fluktuasi harga sembako. 

Pedagang memprediksi kenaikan harga baru akan terjadi menjelang Ramadhan. "Saat itu, hampir semua harga sayur dan sembako naik," kata Sukardi (56 tahun), pedagang sayur di Pasar Minggu.

Asisten Manager Usaha dan Pengembangan Pasar Jaya unit Pasar Minggu, Maskud, mengatakan harga sembako masih stabil karena belum ada peristiwa besar yang mengikuti. Ketika harga BBM naik, kata dia, harga sembako ikut naik signifikan. 

Kenaikan juga terjadi pada saat hari raya seperti Ramadhan, Lebaran, maupun Natal. Maskud berharap kalaupun terjadi kenaikan tidak mengganggu daya beli masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement