Jumat 02 May 2014 08:33 WIB

32 Relawan Terseleksi Ikut Diksar SAR DIY

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Didi Purwadi
Sejumlah petugas tim SAR saat melakukan evakuasi korban bencana (ilustrasi).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Sejumlah petugas tim SAR saat melakukan evakuasi korban bencana (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 32 relawan mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) Search and Rescue (SAR) DIY selama empat hari (1-4 Mei) di Kantor SAR DIY. Para relawan ini akan mengikuti berbagai materi tentang pencarian dan pertolongan terhadap korban kecelakaan maupun bencana alam.

Hal itu dikemukakan Ketua Panitia Diksar SAR DIY, Debil Pratomo, Jum'at (2/5). Sebelum mengikuti Diksar SAR, peserta dites dulu.

Sebetulnya ada 58 pendaftar, tetapi yang lolos hanya 32 orang. Mereka berasal dari berbagai kabupaten dan organisasi di DIY.

Dua hari pertama, para relawan akan mengikuti materi ruang yang meliputi Organisasi SAR, Managemen Perjalanan, Ilmu Medan Peta Kompas (IMPK), Komunikasi, Jungle Survival, Pertolongan Pertama dan Gawat Darurat (PPGD), Water Rescue, Pengenalan Simpul dan Tali.

Selanjutnya, pada hari ketiga dan keempat para relawan ini akan mengikuti materi lapangan. Mereka akan mempraktikkan materi yang telah didapat dalam dua hari sebelumnya. Rencananya, materi lapangan ini akan digelar di kawasan Bukit Turgo, Tritis, Pakem, Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement