Kamis 01 May 2014 17:13 WIB

Rayakan Mayday, Ribuan Buruh Cimahi Memilih Jalan Santai

Rep: c65/ Red: Joko Sadewo
Aksi buruh dalam menyambut Hari Buruh Internasional 2014, Kamis (1/5).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Aksi buruh dalam menyambut Hari Buruh Internasional 2014, Kamis (1/5).

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Ribuan buruh di Kota Cimahi memilih meramaikan Hari Buruh (Mayday) dengan kegiatan jalan santai bukan dengan berunjuk rasa.

Husni (18), salah satu buruh di Cimahi mengaku kegiatan ini jauh lebih baik dibandingkan melakukan unjuk rasa. "Daripada demo mending ikut acara ini (jalan santai, red) karena lebih aman," kata dia, Kamis (1/5).

Meski lelah, Husni tetap merasa terhibur dengan adanya acara tersebut. Selain jalan santai yang hampir memutari wilayah Cimahi Selatan, peserta pun mendapat hiburan berupa dorprize dan hiburan musik dari biduan setempat.

Acara tersebut dihadiri ribuan buruh yang bekerja di Kota Cimahi. Banyak di antara buruh membawa serta keluarganya dalam acara ini. Ahmad Syaekhu, selaku panitia mengatakan, peserta yang mengikuti acara tersebut mencapai 10 ribu orang. "Tadi pagi ada sekitar 10 ribu orang, kan umum juga boleh ikut," kata dia.

Beberapa buruh Cimahi juga diakui Ahmad datang berunjuk rasa di Gedung Sate, Bandung. "Empat aliansi buruh fokus di sini (lapangan Krida, red), ada satu yang datang demo ke Gedung Sate," katanya.

Ahmad mengaku, persatuan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) lah yang turun berdemo di Gedung Sate. "Yang bajunya merah itu yang ke Gedung Sate," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement