Rabu 30 Apr 2014 21:00 WIB

Detail Gunung Padang Belum Terungkap

Sirus megalitikum di Gunung Padang, Cianjur
Sirus megalitikum di Gunung Padang, Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Peneliti pada Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) yang juga bagian dari TTRM Danny Hilman Natawidjaya mengatakan dari sisi geologi masih ada berbagai material di bawah Gunung Padang yang belum secara detail diungkap.

"Seperti dinding di bawah tadi (situs Gunung Padang) yang cukup aneh karena gelombang seismic lewat lambat sekali di sana seperti melewati udara, padahal itu dinding," ujar Danny.

Karena itu, menurut dia, masih terbuka luas untuk ilmu geologi digunakan meneliti Gunung Padang. Apalagi pemboran yang dilakukan baru di empat lokasi yang belum menyentuh lokasi utama di atas ruang tersebut. "Kita selalu memilih lokasi yang tidak ada batunya. Tapi kalau nanti memang tidak ada celah lain terpaksa kita bor di situ, mudah-mudahan masih ada celah lain atau pintu ditemukan agar penelitian intensif bisa dilakukan," ujar dia.

Sejauh ini para geolog yang tergabung dalam TTRM Gunung Padang belum dilakukan secara intensif, dan menggunakan teknik Georadar dan Geolistrik 2D.

"Bisa diteliti lebih dalam lagi dengan 3D sehingga akan semakin jelas. Yang sekarang pemboran tidak lebih dari 30 meter, jadi ke depan itu harus diperdalam lagi dengan hasil resolusi lebih tinggi supaya bisa memetakan ruang di dalam sana seperti apa," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement