Rabu 30 Apr 2014 18:09 WIB

Semarang Night Carnival Padukan Musik Tradisional dan Modern

Peta Semarang
Foto: IST
Peta Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pergelaran Semarang Night Carnival (SNC) 2014 sebagai salah satu ajang promosi wisata Kota Atlas bakal dikemas dengan koreografi yang memadukan musik tradisional dan modern.

"Kami telah menyiapkan peserta SNC dengan latihan koreografi selama beberapa bulan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Masdiana Safitri di Semarang, Rabu (30/4).

Ia mengakui dalam pergelaran SNC tahun-tahun sebelumnya, para peserta karnaval yang memamerkan beraneka kostum yang cantik, unik, dan gemerlap memang hanya berjalan kaki sepanjang rute karnaval.

Namun, kata dia, pergelaran SNC tahun ini akan dibuat berbeda dengan iringan koreografi dengan perpaduan musik tradisional dan modern sehingga akan membuat penampilannya semakin atraktif.

"Jadi, peserta karnaval tidak hanya sekadar berjalan kaki. Ini yang membedakan ajang SNC tahun ini dengan tahun-tahun lalu, di samping kostum-kostum yang ditampilkan lebih spektakuler," katanya.

Tentunya, kata dia, koreografi para peserta karnaval harus menyesuaikan dengan kostum yang dipakai, mengingat ada kostum yang memang berat, berukuran besar, sehingga memengaruhi gerak peserta karnaval.

Masdiana menyebutkan pergelaran SNC untuk memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-467 Kota Semarang akan dilaksanakan pada 3 Mei 2014 dengan rute mulai Jalan Pemuda hingga Lapangan Simpang Lima Semarang.

"Rombongan peserta SNC 2014 akan dibagi dalam empat 'defile' menyesuaikan tema, yakni Sparkling of Earth (unsur tanah), The Power of Fire (api), Beauty of Water (air), dan Glow of Sky (udara)," katanya.

Tema tersebut, kata dia, tentunya akan berpnengaruh dengan warna kostum yang dipakai, misalnya tanah dengan unsur coklat, air dengan warna biru, api dengan warna merah, dan udara abu-abu putih.

"Ada 600 peserta dari kalangan siswa SMP dan SMA sederajat yang ikut karnaval ini, ditambah 467 personel TNI dari Kodim 0733/BS Semarang menyesuaikan dengan hari jadi yang ke-467 Kota Semarang," katanya.

Pergelaran SNC, kata dia, diharapkan menjadi salah satu even andalan pariwisata tahunan Kota Semarang yang bisa menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan ke Kota Atlas.

"Kami ingin para wisatawan melihat kalau Kota Semarang merupakan kota wisata yang indah, ramai, dan nyaman. Kalau itu terwujud maka semakin banyak investor menanamkan saham di kota ini," ungkap Masdiana.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement