REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkomitmen menyediakan akses seluas-luasnya untuk pemesanan tiket KA Lebaran, terutama melalui online sejak 90 hari sebelum hari pemberangkatan.
"Pembelian tiket tidak harus di stasiun, karena ada ribuan agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Sistemnya sekarang online jadi semua orang bisa akses," kata Direktur Operasional, Slamet Suseno di Jakarta, Ahad (27/4).
Suseno mengatakan masyarakat dapat memesan tiket KA Lebaran melalui channel eksternal seperti mini market, website, aplikasi pada ponsel dan payment poit.
Untuk mini market, PTKAI bekerja sama dengan Indomart, Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, 7Eleven, Lawson, Coopay, Agen Pos, Pegadaian dan Tiki JNE.
Calon penumpang juga bisa memesan dengan mengakses tiket.kereta-api.co.id, tiketkai.com, tiket.com dan paditrain.com.
Bagi pengguna smartphone seperti Blackberry, calon penumpang bisa mengunduh aplikasi di Blackberry World yaitu Kereta Api Indonesia. Sedangkan untuk pengguna Android, ada aplikasi Paditrain yang bisa membantu dalam pemesanan tiket.
Sedangkan pemesanan melalui payment poin bisa memalui Contact Center 121, jaringan Citos Connection, Aeroticket, Oke Ticket, FinChannel, jaringan Jatelindo B-ISA, jaringan Fastpay BMW, PPOB BRI Delaprasta, jaringan Via Travel, jaringan I-Zone, PPOB e-Channel Bank Syariah Mandiri, jaringan B-Trav Connection, MLPO O-NETS, jaringan Pointer, Violet Online Connection, jaringan Mitracomm, jaringan Vas Mobile, jaringan Asia Wisata, jaringan ATA Indonesia, jaringan Panglima Ekspress dan jaringan Tors.us.
"Running ticketing mulai jam 00.00 WIB. Untuk H-3 dan H-2 sebelum lebaran, tiket sudah habis. Presentase yang berhasil itu lewat online," lanjut Suseno.