Jumat 25 Apr 2014 22:17 WIB

Jokowi Perintahkan Segera Bangun Pasar Darurat

Petugas pemadam kebakaran berusaha untuk memadamkan api yang melalap sejumlah kios di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (25/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Petugas pemadam kebakaran berusaha untuk memadamkan api yang melalap sejumlah kios di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (25/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi agar segera dibangun pasar darurat untuk menampung para pedagang Pasar Senen yang kiosnya habis terbakar.

"Kita sudah perintahkan untuk segera membangun pasar darurat untuk para pedagang. Langsung. Jangan tunggu lagi. Saya minta agar pasar darurat itu mulai dibuat pada hari Minggu (27/4)," kata Jokowi saat melakukan tinjauan di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, pasar darurat itu dapat dibangun tidak jauh dari lokasi kebakaran, bisa di bagian depan atau halaman Pasar Senen Blok III atau di bagian belakang bangunan yang terbakar.

"Pokoknya pasar darurat itu harus langsung dibangun. Lokasinya bisa di depan atau di belakang bangunan pasar yang sudah habis terbakar itu," ujar Jokowi.

Kendati demikian, dia tetap meminta agar renovasi bangunan pasar yang terbakar itu dilakukan secepat mungkin, bahkan dimajukan dari jadwal yang telah ditetapkan.

"Jadi, kalau rencana awalnya Blok III itu mau direnovasi pada bulan Juli 2014, berarti dengan adanya musibah kebakaran ini, rencana renovasi harus dimajukan, dipercepat," tutur Jokowi.

Dia mengungkapkan bangunan Pasar Senen Blok III telah berdiri sejak 1974, namun sejak saat itu, bangunan tersebut belum pernah direnovasi sama sekali. Hal itu yang melatarbelakangi niat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk melakukan peremajaan.

"Rencana renovasi itu memang sudah ada, dan tadinya akan kita lakukan setelah perayaan Lebaran tahun ini. Namun, karena pasar ini sudah terbakar, jadinya rencana renovasi itu harus kita percepat," tambah Jokowi.

Kebakaran melanda Pasar Senen Blok III sejak pukul 04.00 WIB. Sebanyak 46 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kejadian.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement