Kamis 24 Apr 2014 19:29 WIB

Masa Depan Perekonomian Indonesia Ada di Daerah

Rakor Kadin.
Foto: IST
Rakor Kadin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyatakan masa depan perekonomian Indonesia sebenarnya terletak di daerah sehingga dibutuhkan upaya lebih dari pemerintah dalam membangkitkan UKM di berbagai daerah di Tanah Air.

"Dengan potensi yang ada, masa depan Indonesia ada di daerah-daerah," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani di Jakarta, Kamis (24/4).

Menurut Rosan, potensi yang demikian beragam antara lain dari pariwisata, pertambangan, pertanian hingga industri kecil menengah. Terkait dengan UKM, ujar dia, kontribusi UKM bagi penguatan ekonomi daerah sangat besar sehingga semua pihak harus melakukan beragam upaya penguatan UKM agar bisa meningkatkan produktivitas dan lebih berdaya saing.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa rata-rata negara Asia menjadikan UKM sebagai motor penggerak roda perekonomian. "Sektor UKM daerah sudah seharusnya dapat menjadi andalan penopang perekonomian nasional, terlebih lagi bagi UKM yang sudah bisa melakukan ekspor," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement