Selasa 22 Apr 2014 13:01 WIB

Cirebon Gelar Kirab Budaya

Kesultanan Cirebon
Foto: wordpress.com
Kesultanan Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa, menggelar kirab budaya dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-532 kabupaten itu dengan menampilkan berbagai kesenian lokal.

Agus Nurullah, salah seorang peserta kirab budaya di Cirebon, kepada wartawan mengatakan bahwa kirab budaya yang diselenggarakan HUT ke-532 dengan menampilkan kesenian lokal, cukup diminati masyarakat Kabupaten Cirebon, selain itu melestarikan seni budaya daerah yang semakin ditinggalkan.

Ia menjelaskan, kirab budaya membantu pelaku seni Cirebon untuk tetap berkreasi juga memperkenalkan warisan budaya asli Pantura kepada generasi muda. Karena semakin terkikis oleh budaya luar.

Ia menuturkan pagelaran kirab dimulai sekitar pukul 08.00 dari depan Makodim 0620, langsung mengarah komplek Pemda Kabupaten Cirebon melintasi jalan utama.

Ribuan warga turut menyaksikan kegiatan tahunan masyarakat Pantura tersebut.

Warjito, peserta kirab budaya lain mengaku, penampilan seni lokal seperti seni burok, kuda lumping, ronggeng bugis, cukup memikat masyarakat Cirebon.

Ribuan warga Cirebon memadati jalan utama Kabupaten Cirebon, kata dia, mereka terhibur dengan penampilan seni budaya lokal yang disajikan oleh seniman daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement