Ahad 13 Apr 2014 21:07 WIB

Rayakan Hari Jadi, Lima Puluh Kota Didoakan Semakin Baik

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Foto: Dok/Humas Pemprov Sumbar
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap, memasuki usianya yang ke 173, Kabupaten Lima Puluh Kota diharapkan semakin baik dalam berbagai aspek kehidupan.

Momentum hari jadi tersebut menurut gubernur, dalam rapat paripurna hari jadi Limapuluh Kota, Minggu, diharapkan sebagai langkah awal bagi daerah ini untuk berbenah diri guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Mari jadikan momentum peringatan ulang tahun ini sebagai langkah awal untuk berbenah dan memaksimalkan efektivitas kinerja pemerintah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat," ujar gubernur.

Lebih jauh gubernur mengharapkan, peringatan hari jadi tersebut juga menjadi bahan refleksi sekaligus mengevaluasi gerak pembangunan di daerah ini.

Melalui peringatan hari jadi itu, dia mengajak seluruh unsur di daerah ini mengevaluasi pencapaian pembangunan dengan membandingkan kondisi sekarang dengan visi pembangunan yang telah ditetapkan.

Dia juga mengingatkan untuk memperhatikan masalah angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) daerah ini kendati sejak tahun 2010 hingga 2012 cenderung meningkat dari 71,22 menjadi 72,24. Begitu pula soal Angka Partisipasi Murni (APM) SMP dan SMA atau sederajat di daerah ini tahun 2013 yang perlu ditingkatkan lagi.

Pada kesempatan itu gubernur juga mengapresiasi sinergitas kepemimpinan kepala daerah dan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang terjalin dengan harmonis.

Sebelumnya Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo dalam sambutannya juga mengatakan, dengan peringatan hari jadi ini masyarakat "Luak Nan Bungsu" (nama daerah Limapuluh Kota secara adat, red) itu diharapkan semakin mampu mempererat persatuan dan kesatuan yang bernuansa kebersamaan menuju masyarakat makmur sejahtera.

"Kita berharap HUT kabupaten ini menjadi momentum untuk meningkatkan dan memantapkan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana tercermin di dalam visi daerah yaitu mewujudkan kebersamaan, kemakmuran dan kesejahteraan yang bernuansa adat bansandi syarak, syarak basandi Kitabullah dalam bingkai NKRI," kata bupati.

Bupati menjelaskan, terkait hari jadi tersebut di daerah ini telah diterbitkan Perda Nomor 11 Tahun 2008 yang menetapkan tanggal 13 April 1841 sebagai hari jadi pemerintahan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Berdasarkan itu telah dikeluarkan pula Peraturan Bupati nomor 18 tahun 2012 tentang Hari Jadi Pemerintahan Umum di Kabupaten Limapuluh Kota yang ditetapkan setiap tanggal 13 April.

Sidang tersebut dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Darman Sahladi. Ikut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Asyirwan Yunus, Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Mukhtar, Muspida, sejumlah pejabat Provinsi Sumbar dan Limapuluh Kota serta berbagi pihak lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement