Sabtu 12 Apr 2014 23:49 WIB

Kunjungan Wisatawan Pangandaran Meningkat Pascatsunami

Mari Elka Pangestu
Foto: Antara
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengatakan kunjungan wisatawan di Pangandaran, Jawa Barat, meningkat setelah dilakukan pembenahan pascatsunami 2006.

"Sebelum tsunami, wisatawan yang berkunjung mencapai 700.000 orang. Namun, setelah tsunami dan dilakukan pembenahan, kunjungan mencapai 1,4 juta orang," kata Mari Elka Pangestu di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (12/4).

Mari mengatakan Pangandaran merupakan salah satu kisah sukses pengelolaan kawasan wisata pascabencana. Apalagi, Pangandaran memang termasuk kawasan rawan bencana.

Menurut Mari, bencana tsunami yang melanda Pangandaran justru bisa diubah menjadi harapan untuk menghidupkan pariwisata dan menambah penghasilan penduduk setempat yang pada dasarnya adalah nelayan, petani dan pekerja tambang.

"Hidupnya pariwisata juga menghidupkan banyak hal lain misalnya budaya. Di sini misalnya, tarian Ronggeng Gunung dan makanan pindang gunung yang sempat hilang bisa dihidupkan kembali," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement