Sabtu 12 Apr 2014 03:50 WIB

Terbuka Kemungkinan Kerja Sama KPK dan FBI

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Bilal Ramadhan
Federal Bureau of Investigation (FBI)
Federal Bureau of Investigation (FBI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake mengungjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (11/4). Blake bertemu langsung dengan Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Zulkarnain. Dalam pertemuan itu juga hadir perwakilan Federal Bureau of Investigation (FBI).

Dalam kunjungan pertamanya ini, Blake mengatakan, hanya bersilaturahmi dan bertukar pikiran mengenai pemberantasan korupsi di kedua negara. Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, pertemuan itu hanya perkenalan awal.

Namun, ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan adanya kerja sama. "Terbuka kemungkinan KPK untuk belajar di FBI," kata dia, Jumat.

Menurut Johan, kerja sama itu bisa jadi untuk meningkatkan sumber daya manusia di KPK atau pun pertukaran informasi berkaitan dengan proses investigasi. Hanya saja, ia mengatakan, belum ada pembahasan lebih jauh. "Tadi diskusi awal saja. Jadi tidak ada kesepakatan," ujar dia.

Sekitar setengah jam Blake berada di gedung KPK. Menurut Johan, Blake sempat mengunjungi studio Radio Kanal KPK yang berada di lantai 3. Blake sempat menyumbang suara untuk radio berbasis website itu. "Dia mengucapkan selamat mendengarkan radio Kanal KPK, saluran antikorupsi," ujar Johan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement