Jumat 11 Apr 2014 09:32 WIB

Pemda Benahi Wisata Keagamaan di Banjarmasin

Gapura selamat datang Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Gapura selamat datang Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN-- Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pariwisata, budaya pemuda dan olahraga, segera membenahi wisata keagamaan dalam upaya memperkuat wilayah ini sebagai tujuan wisata.

"Sesuai dengan keinginan Wali Kota Banjarmasin, Haji Muhidin secepat mungkin akan dibenahi wisata keagamaan," kata Kepala Dinas Pariwisata, budaya pemuda dan olahraga Banjarmasin, Subhan Yaumil di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Subhan yang belum lama ini dilantik sebagai pimpinan instansi yang menangani kepariwisataan ini, lokasi yang akan dibenahi seperti kubah Habib Basirih, Masjid dan makam Sultan Suriansyah, makam Surgi Mufti, dan beberapa lokasi lagi.

Ia mencontohkan, kubah Habib Basirih berada di jalan Keramat RT 13, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, adalah sebuah makam keramat seorang ulama yang menjadi objek wisata ziarah di Banjarmasin.

 

Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Basirih adalah seorang ulama Banjar. Kunjungan wisatawan ke lokasi wisata keagamaan yang berada persis di tepian Sungai Martapura tersebut mencapai ribuan orang setiap minggu.

Wisatawan ziarah bukan saja datang dari wilayah Kota Banjarmasin tetapi dari berbagai daerah di Kalsel, Kaltim, Kalteng, bahkan datang dari Pulau Jawa, Sumatera, dan Malaysia. Melihat potensi wisata ziarah di kubah habib Basirih begitu besar wajar jika kita benahi, kata Subhan Yaumil.

Kemudian Pemkot juga akan membenahi komplek makam Sultan Suriansyah terletak sekitar 800 meter di sebelah barat Masjid Sultan Suriansyah. Selain Sultan Suriansyah, di sini juga dimakamkan juga Khatib Dayan.

Khatib Dayan merupakan keturunan Sunan Gunung Jati dari Cirebon, Jawa Barat yang merupakan penyebar agama Islam pertama di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya.

Bangunan komplek pemakaman menggunakan arsitektur tradisional Banjar. Komplek pemakaman ini juga menjadi obyek wisata religius di Banjarmasin, maka juga dibenahi. Yang lain dibenahi adalah makam Surgi Mufti terletak di Kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin Utara, Banjarmasin, beliau adalah KH Jamaluddin bin Syeh Muhamad Arsyad Al Banjari (Datuk Kelampayan).

Beliau wafat 8 Muharram 1348 H atau 1902 dan dimakamkan di depan rumah beliau Kelurahan Surgi Mufti, Kata Subhan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement