Senin 07 Apr 2014 16:28 WIB

Atribut Kampanye Masih Betebaran di Masa Tenang

Petugas Kamtibmas Bambu Apus melakukan penertiban atribut kampanye yang dipasang di sembarang tempat di kawasan Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (22/3).  (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Petugas Kamtibmas Bambu Apus melakukan penertiban atribut kampanye yang dipasang di sembarang tempat di kawasan Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (22/3). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER-- Sejumlah atribut kampanye partai politik peserta pemilu dan calon legislator masih banyak bertebaran di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, meskipun sudah memasuki masa tenang.

"Memang benar masih ada atribut kampanye yang belum ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), namun diharapkan H-1 semuanya sudah bersih dari alat peraga kampanye," kata Ketua Panwaslu Jember Dima Akhyar, Senin.

Menurut dia, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Satpol PP Jember untuk melakukan penertiban secara massif dan merata, agar tidak ada lagi atribut kampanye yang terpasang di sejumlah ruas jalan selama masa tenang Pemilu Legislatif 2014.

"Kami juga meminta partai politik berperan serta untuk menertibkan sendiri atribut kampanye mereka, sehingga dapat membantu tugas Satpol PP untuk menurunkan atribut yang masih bertebaran di sejumlah sudut jalan," tuturnya.

Dima menegaskan semua alat peraga kampanye harus bersih satu hari sebelum pemungutan suara dilaksanakan pada 9 April 2014, sehingga Panwaslu kecamatan harus kerja sama dengan Satpol PP setempat untuk membersihkan semua alat peraga yang masih terpasang.

"Hari ini semua Panwaslu di tingkat kecamatan bersama Satpol PP terus melakukan penertiban atribut kampanye hingga Selasa (8/4), sehingga diharapkan tidak ada lagi atribut kampanye yang terpasang, selain di dalam kantor parpol peserta pemilu," paparnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah spanduk, baliho bergambar partai atau calon legislator, dan poster masih bertebaran di sejumlah ruas jalan, sarana umum, dan pohon. Sementara anggota Panwascam Kaliwates M. Saiin mengatakan pihaknya sudah melakukan penertiban secara massif sejak masa tenang pada Minggu (6/4) dan banyak atribut kampanye yang diturunkan paksa selama dua hari terakhir.

"Ada dua tim yang bergerak untuk membersihkan atribut kampanye selama masa tenang, sehingga Kecamatan Kaliwates benar-benar bersih dari alat peraga kampanye pada H-1 pemungutan suara," tuturnya.

Jumlah atribut kampanye yang berhasil ditertibkan Panwascam Kaliwates hari ini tercatat sebanyak 296 alat peraga baik berupa spanduk, baliho, dan poster baik partai politik maupun calon legislator.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement