Selasa 01 Apr 2014 18:25 WIB

Pendaftaran Anggota Polri Tanpa Pungli

Rep: C/60 Ahmad Rozali/ Red: Julkifli Marbun
Anggota Polri
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anggota Polri

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pendaftaran anggota Polisi Republik Indonesia (Polri) telah dibuka se-Indonesia sejak 28 Maret hingga 15 April 2014. Pengambilan formulir di Kota Tangerang, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Pendaftaran anggota Polri secara gratis disampaikan oleh, Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Metro Tangerang, AKBP Sulaiman. Menurut Sulaiman, pendaftaran calon anggota Polri dapat langsung dilakukan dengan mengambil formulir di Polres Metro Kota Tangerang.

"Pengambilan formulir anggota Polri gratis dan tidak dipungut biaya apapun" kata AKBP H. Sulaiman, selasa (1/4).

Dirinya membantah dengan adanya rumor mengenai uang yang harus disiapkan calon pendaftar untuk lulus dalam seleksi anggota Polri.

Sulaiman menegaskan, oknum Polri yang terbukti melakukan aksi pemungutan liat dalam pendaftaran tindakan akan dikenakan sanksi tegas berupa teguran hingga pemecatan secara tidak hormat.

Kata dia, pendaftaran anggota Polri dilakukan secara gratis sebagaimana diinstruksikan oleh Kapolri.

"Sebab, ini sudah perintah Kapolri yang melarang adanya pungutan liar dalam bentuk apapun" jelas Sulaiman kepada wartawan.

Dia memastikan, tidak ada oknum yang dapat menjamin kelulusan calon anggota Polri. Sebab kara Sulaiman, antara tes pertama dan kedua, dilakukan pengocokan nomor tes. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan adanya permainan calo untuk pendaftaran Polri.

Dia menambahkan, lulus atau tidaknya seorang calon anggota Polri sepenuhnya bergantung pada kemampuan calon dalam menghadapi tes yang diberikan pada saat ujian.

Ada beberapa kriteria yang memang sudah menjadi keharusan para calon anggota kepolisian, seperti untuk laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 163 cm dan wanita 155 cm .

Tidak hanya itu saja, kesehatan memang menjadi faktor prioritas para calon anggota Polri, seperti harus bebas narkoba dan tidak mengalami cacat fisik maupun mental. Hal tersebut dikatakan oleh Kabag Sumda Polres Metro Tangerang, AKBP H. Sulaiman.

Penerimaan anggota baru pada Polres Metro Tangerang pada tahun 2012 sebanyak 342 laki-laki semua. Penerimaan meningkat pada tahun 2013, hingga mencapai 438 anggota yang terdiri dari 290 laki-laki dan 40 wanita. Sulaiman optimis, penerimaan anggota polri tahun 2014 diperkirakan akan meningkat.

Pada tahun 2014 Polri menargetkan anggota baru sebanyak 7000 polisi wanita dan 10.750 polisi laki-laki, dengan total anggota Polri yang dibutuhkan di Seluruh Indonesia sebanyak 17.750 anggota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement