Senin 31 Mar 2014 19:50 WIB

BMKG: Daratan Babel Berawan dan Hujan Ringan

Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di daratan Provinsi Bangka Belitung pada Selasa (1/4) berawan dan berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan.

"Berdasarkan pantauan cuaca, seluruh daratan di Babel diprakirakan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan," kata staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan kondisi hujan dengan intensitas lebat diprakirakan masih belum berpotensi terjadi di daratan Babel.

"Kalau hujan lebat belum ada potensinya. Untuk hujan ringan diperkirakan bisa terjadi antara siang hingga malam hari," ujarnya.

Sementara arah angin umumnya bertiup dari timur ke selatan dengan kecepatan mencapai 24 kilometer per jam.

"Kecepan angin di daratan ini mulai normal hanya sedikit mengalami penurunan dari hari sebelumnya yang mencapai 26 kilometer per jam," ujarnya.

Ia mengatakan, gelombang di jalur penyeberangan Babel diperkirakan mencapai ketinggian maksimum 1,3 meter.

"Gelombang dengan ketinggian 1,3 meter ini terjadi di Utara Bangka dan Selat Karimata dengan kecepatan angin mencapai 30 kilometer per jam dengan arah angin dari timur laut menuju tenggara," katanya.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Babel lainnya yakni di Selat Gelasa dan Selatan Bangka mencapai satu meter dengan kecepatan angin mencapai 20 kilometer perjam.

Demikian juga perairan Selat Bangka gelombang laut mencapai ketinggian 0,8 meter dengan kecepatan angin berkisar antara 6-15 kilometer per jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement