Senin 31 Mar 2014 17:31 WIB

'Telah Berpulang Dalang Panutan Kita Semua'

Dalang Asep Sunandar Sunarya.
Foto: Antara
Dalang Asep Sunandar Sunarya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar wafatnya dalang wayang golek khas Sunda, Asep Sunandar Sunarya pada Senin (31/3) akibat serangan jantung meninggalkan duka bagi masyarakat Indonesia yang mengenal sosoknya. Doa dan ucapan belasungkawa untuk maestro seni wayang golek ini pun mengalir deras, terutama di media sosial.

Salah satu yang mengucapkan belasungkawa melalui jejaring sosial adalah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.  "Berita duka cita. Telah berpulang Dalang panutan kita semua, Abah Asep Sunandar Sunarya. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT," tulis pria yang juga disapa Emil tersebut dalam akun twitter resminya @ridwankamil. 

Ucapan senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melalui akun @Deddy_Mizwar_: "Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un...Turut berduka cita atas meninggalnya maestro wayang golek Jawa Barat Asep Sunandar Sunarya."

Dari kalangan seniman, belasungkawa juga ikut mengalir. Salah satunya datang dari seniman yang juga berprofesi sebagai dalang, Sudjiwo Tejo. "Selamat jalan Kang Asep Sunandar Sunarya ... Sampai jumpa .. #utangRasa," tulis akun @sudjiwotedjo.

Asep Sunandar Sunarya tutup usia di RS Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (31/3), pukul 14.20 WIB akibat serangan jantung yang dialaminya .

Menurut asisten Asep, Jajang Rukmana, di Bandung, dalang kreatif dan komunikatif tersebut merasakan nyeri dada saat berada di rumahnya sehingga langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. "Beliau meninggal di rumah sakit, dan menurut dokter akibat serangan jantung," katanya.

Ia mengatakan, "Abah Asep memang memiliki riwayat penyakit jantung, dan rencananya keluarga akan membawa berobat ke Singapura pada 13 April 2014. Namun, Allah menentukan lain."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement