Jumat 28 Mar 2014 19:30 WIB

Surat Suara Pemilu untuk Pulau Terpencil Jatim Mulai Didistribusikan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil
 Ketua KPU, Husni Kamil Manik (kiri) bersama anggota KPU Arief Budiman (kanan) memberikan keterangan daerah penerima logistik saat peluncuran Silog di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (24/12).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Ketua KPU, Husni Kamil Manik (kiri) bersama anggota KPU Arief Budiman (kanan) memberikan keterangan daerah penerima logistik saat peluncuran Silog di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) memastikan surat suara pemilihan umum (pemilu) legislatif 2014 untuk pulau-pulau yang ada di Jatim mulai didistribusikan Sabtu (29/3) besok.

Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian Polda Jatim untuk membicarakan masalah distribusi logistik pemilu di 38 kota atau kabupaten di Jatim, terutama di kepulauan-kepulauan seperti Sapeken, Kangean, Masalembu, Masakambing hingga Bawean.

“Sejauh ini tidak ada kendala karena cuaca juga masih bersahabat. Insya Allah distribusi logistik pemilu dilakukan mulai Sabtu (29/3) besok,” katanya usai menerima kunjungan Kepala Polda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono di kantornya, Jumat (28/3).

Ia menambahkan, distribusi logistik pemilu seperti surat suara, kotak suara akan dikirim di kepulauan-kepulauan itu dan diperkirakan sampai dalam dua atau tiga hari ini. Pihaknya menargetkan, logistik pemilu di seluruh kecamatan di kota maupun kabupaten di Jatim sudah tersedia sepekan sebelum pemungutan suara yang digelar Rabu (9/4).

Sementara itu, Unggung mengatakan, kedatangan pihaknya kali ini yaitu untuk memastikan logistik pemilu. Ini karena merujuk pengalaman yang terjadi saat pemilu terakhir terjadi kendala di Sumenep, Madura, Jatim dimana pulau-pulau yang jaraknya 12-18 jam dari Sumenep seperti Pulau Sapeken, Kangean, Masalembu, Masakambing hingga Bawean tidak menemui kendala.

“Kami sudah berkoordinasi untuk logistik pemilu di pulau tersebut dan alhamdulilah tidak ada masalah dan ombak tidak terlalu besar. Logistik mulai dikirim Sabtu (29/3) besok di pulau-pulau itu,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement