REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mendukung pelestarian budaya dan program Pemerintah Kabupaten Banjar dan Kalimantan Selatan, XL Axiata mendorong pemanfaatan internet untuk lebih mempromosikan Pasar Apung Lok Baintan ke masyarakat yang lebih luas.
Untuk itu XL menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan internet kepada warga masyarakat, terutama anak-anak muda Karang Taruna dan siswa Madrasah Nurul Hidayah di Desa Lok Baintan, Banjarmasin, yang berlokasi di sekitar Pasar Apung.
'' XL Juga mendonasikan tiga unit perangkat komputer dan koneksi internet,'' kata VP XL North Region, Francky Rinaldo Pakpahan. Francky menyerahkan bantuan didampingi
VP CorpComm XL– Turina Farouk.
Francky Rinaldo mengatakan internet dan layanan seluler akan membuka keterisolasian dan sekaligus mendorong roda perekonomian suatu daerah. ''Melalui internet, kita pun akan bisa lebih mudah mempromosikan potensi daerah kita ke dunia luar,''kata Francky.
Francky menambahkan, promosi Pasar Terapung dan potensi wisata lainnya di Banjarmasin yang dikenal dengan aktivitas di sungai-sungainya, sangat menarik untuk lebih dikenalkan ke masyarakat dunia. Apalagi daerah ini juga memiliki potensi wisata dari keanekaragaman hayati dari hutan hujan tropis, termasuk sejumlah jenis hewan langka dan eksotis. Jika wisata bisa dikembangkan, kata Francky, maka akan menjadi cikal bakal pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk meningkatkan nilai ekonomi di Pasar Terapung.
Selain pelatihan internet, XL juga turut pula melestarikan wisata Pasar Apung dengan meremajakan sejumlah perahu pedagang di Lok Baintan. Ada sedikitnya dua puluh perahu yang telah diremajakan XL. Perahu-perahu tersebut setiap harinya dipakai untuk berjualan. Tidak hanya itu, XL juga mendorong layanan komunikasi masyarakat dengan membagi-bagikan kartu perdana komunitas untuk para pedagang Pasar terapung.