Ahad 23 Mar 2014 13:44 WIB

Bertani Masih Menjanjikan

Seorang petani menyemprotkan obat antipenyakit ke tanaman cabe rawitnya di Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (4/2).  (Republika/Edi Yusuf)
Seorang petani menyemprotkan obat antipenyakit ke tanaman cabe rawitnya di Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (4/2). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Bupati Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Rita Widyasari mengatakan bertani merupakan pekerjaan yang masih menjanjikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Usaha di bidang pertanian ke depan semakin cerah. Maka, bertani merupakan profesi yang menjanjikan, karena semua orang membutuhkan makanan dari hasil pertanian," ujarnya saat melakukan panen raya padi di Kelurahan Maluhu, Tenggarong, Sabtu (22/3).

Oleh karena itu, Rita berharap agar petani tidak beralih atau meninggalkan pekerjaan bercocok tanam. Bahkan generasi muda juga diharapkan ikut menekuni pekerjaan sebagai petani.

Menurut Rita, jangan melihat dari penampilan petani yang sederhana. Itu tidak mencerminkan mereka tidak memiliki uang.

"Hasil dari bertani bisa lebih tinggi dari gaji pegawai negeri sipil (PNS). Saya sudah menanyakan ini kepada beberapa petani," katanya.

Karena itu Rita bertekad akan tetap meningkatkan ketahanan pangan di Kutai Kertanegara dengan terus mempertahankan bahkan berupaya meningkatkan produksi pertanian, sehingga tetap menjadi penyumbang produksi padi terbesar di Kaltim.

Melalui Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera, (Gerbang Raja) Pemkab Kutai Kertanegara akan terus berkomitmen mendukung kegiatan pertanian.

"Melalui dinas terkait, kami akan memberikan bantuan bibit, dan peralatan produksi pertanian serta modal. Hal ini untuk merangsang agar petani tetap mencintai profesinya," kata Rita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement