Rabu 19 Mar 2014 20:42 WIB

Ini Ketrampilan yang Disediakan Balai Latihan Kerja

Rep: Dyah ratna meta novia / Red: Djibril Muhammad
Muhaimin Iskandar
Foto: Republika-Aditya Pradana Putra
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyediakan kuota pelatihan kerja gratis bagi 57.147 orang yang diselenggarakan di Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh Indonesia.

"Dengan mengikuti program pelatihan kerja di BLK para pencari kerja dan pengangguran dapat meningkatkan keterampilan kerjanya sesuai kebutuhan pasar kerja. Selain itu peserta pelatihan pun dapat berwirausaha secara mandiri," kata Muhaimin di Jakarta, Rabu, (19/3).

Pelatihan ketrampilan yang didapatkan dari BLK, terang Muhaimin, antara lain pelatihan otomotif, las, bangunan kayu dan batu, elektronik, komputer, teknologi informasi, menjahit, kerajinan tangan, pertanian dan perkebunan. Jenis pelatihan  disesuaikan dan berbasis pada kebutuhan lokal masing-masing daerah.

"Melalui pelatihan kerja yang berbasis kompetensi dan keterampilan diharapkan pasar kerja tingkat lokal, nasional, maupun luar negeri dapat segera menyerap para pencari kerja dan pengangguran. Pelatihan juga bersifat fleksibel dan dinamis sehingga dapat mengikuti kemajuan teknologi," ujar Muhaimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement