Rabu 19 Mar 2014 20:17 WIB

Ketua MK Jamin Dewan Etik Kebal Intervensi

Rep: c62/ Red: Joko Sadewo
Hamdan Zoelva
Foto: Republika/Prayogi
Hamdan Zoelva

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski diketuai mantan wakil ketua MK era Mahfud MD, Abdul Mukhtie Fadjar namun Ketua Mahkama Konstitusi Hamdan Zoelva menjamin tidak ada intervensi terhadap Dewan Etik MK.

Hamdan mengatakan pemilihan ketua Dewan Etik bukan ditentukan oleh Hakim MK mapun tim panitia seleksi (Pansel). Ketua Dewan Etik itu dipilih oleh anggota dewan etik sendiri. "Jadi tidak bisa ikut campur lagi, begitu juga MK tidak ikut campur begitu juga dengan pansel,"kata Hamdan.

Hamdan mengaku belum ada sistem untuk menjamin bahwa Dewan Etik bekerja independen. Tetapi dia menjamin dalam putusan dewan etik tidak ada yang mempengaruhi dan dipengaruhi.

"Kami tentu percaya betul dan menyerahkan sepenuhnya kepada integritas tiga orang Dewan Etik ini, tidak mungkin bisa dipengaruhi oleh Hakim MK atau Ketua MK," katanya.

Karena Kata Hamdan tiga orang Dewan Etik ini sudah sangat berpengalaman dalam berfikir tentang bagaiman menjaga kepentingan bangsa dan negara. "Jadi kami yakin betul dengan sistem yang ada," katanya.

Mukthi sendiri sebagai Ketua Dewan Etik mengaku siap menjaga amanah yang diberikan tim pansel untuk menjaga kewibawaan Hakim Konstitusi. "Kami bismillah melaksanakan amanah ini untuk menjaga kehormatan hakim,kode etik yang ingin ditegakkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement