Rabu 19 Mar 2014 18:24 WIB

Pembangunan 3 Waduk di Pondok Rangon Dipercepat

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Waduk Jatigede
Foto: indoforum.org
Waduk Jatigede

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Joko 'Jokowi' Widodo siang ini kembali menengok pembangunan waduk di RT 02 RW 01 Kelurahan Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (19/3). Di lokasi tersebut akan dibangun tiga waduk yang masing-masing akan memiliki luas 11,5 hektare, 5 hektare, dan tiga hektare.

Saat Jokowi mengunjungi lokasi, fisik waduk sudah terlihat. Hanya tinggal diperdalam tiga hingga empat meter lagi. "Kemarin saya menargetkan enam bulan, tapi setelah melihat progresnya cepat, dimajukan jadi tiga bulan," kata Jokowi, Rabu (19/3).

Jokowi juga sempat melihat kondisi tower sutet yang berada di tengah-tengah lokasi waduk. Menurutnya, Pemprov akan tetap mempertahankan tower sutet tersebut dengan membuatkan pulau. Alasannya, memindahkan tower sutet membutuhkan biaya yang sangat besar.

Jokowi mengatakan, sebelum masuk musim penghujan, waduk yang akan memiliki kedalaman enam meter tersebut harus sudah rampung. Sehingga, wilayah yang dialiri Kali Sunter seperti Cipinang dan Kepala Gading, tak lagi terendam banjir.

Sementara, fasilitas pendukung lain seperti taman dan tempat rekreasi ditargetkan rampung akhir tahun ini. Mantan Wali Kota Solo tersebut juga mengatakan, meski waduk ditargetkan rampung dalam waktu dekat, ada beberapa lahan warga yang belum dibebaskan. Alasannya karena APBD yang telat cair. "Tapi segera kita bayar," ujar calon presiden dari PDI Perjuangan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement