Selasa 18 Mar 2014 11:31 WIB

Dishub Sukabumi Giatkan Razia Truk Bermuatan Lebih

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Jalan Ciawi menuju Sukabumi Rusak
Foto: antara
Jalan Ciawi menuju Sukabumi Rusak

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi akan menggiatkan razia truk yang bermuatan lebih. Pasalnya, keberadaan truk berpotensi menyebabkan kerusakan jalan semakin parah.

Saat ini dari pantauan di lapangan, sarana jalan di jalur utara Sukabumi mulai Cicurug, Parungkuda, dan Cibadak mengalami kerusakan. Jalan tersebut berlubang sehingga membahayakan keselamatan pengguna jalan.

"Razia sebenarnya sudah rutin," ujar Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadi, Selasa (18/3). Namun, biasanya para truk over tonase itu melintas saat tidak ada razia.

Oleh karena itu, kata Riyadi, upaya razia ini harus dibarengi dengan adanya kesadaran pemilik truk untuk tidak melakukan pelanggaran. Sehingga keberadaan truk yang melebihi muatan dapat ditekan semaksimal mungkin.

Selain faktor muatan berlebih, lanjut Riyadi, kerusakan jalan juga dikarenakan sistem drainase yang buruk. Dari data yang ada sekitar 80 persen kerusakan jalan akibat ketiadaaan saluran air di pinggir jalan.

Faktor lainnya terang Riyadi, dikarenakn konstruksi jalan yang kurang baik sehingga cepat rusak. Hal ini misalnya dikarenakan kegiatan pengaspalan yang dilakukan pada saat turunnya hujan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement