Selasa 18 Mar 2014 10:52 WIB

Ribuan Surat Suara di Indramayu Rusak

Rep: Lilis Handayani/ Red: Hazliansyah
 Sejumlah pekerja sibuk mensortir surat suara pemilu legislatif di salah satu pabrik pencetakan di Bandung, Senin (10/2).   (Septianjar Muharam)
Sejumlah pekerja sibuk mensortir surat suara pemilu legislatif di salah satu pabrik pencetakan di Bandung, Senin (10/2). (Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Proses pelipatan dan sortir surat suara di KPU Indramayu, telah selesai. Hasilnya, ditemukan ribuan surat suara yang rusak.

Berdasarkan data di KPU Indramayu, Selasa (18/3), jumlah surat suara yang rusak mencapai 2.548 lembar. Kerusakan itu terdiri dari surat suara DPR RI sebanyak 694 lembar, surat suara DPD 807 lembar, surat suara DPRD Kabupaten Indramayu mencapai 878 lembar dan surat suara DPRD Provinsi Jabar 169 lembar.

"Tapi itu masih sementara karena baru sebatas laporan dari PPK, belum cek fisik," kata seorang staf KPU Indramayu yang menangani pelipatan surat suara, Saryan.

Saryan menjelaskan, kerusakan pada surat suara itu di antaranya berupa surat suara yang terkena tumpahan tinta, dan ada juga yang sobek. Selain itu, ada juga gambar (foto) caleg yang tembus ke bawah sehingga gambarnya menjadi tidak jelas.

Saryan mengungkapkan, KPU Indramayu akan membuat berita acara mengenai kerusakan surat suara tersebut. Selanjutnya, akan dilaporkan ke KPU Provinsi Jabar.

Terpisah, Komisioner KPU Indramayu bidang logistik, Syayidin, menjelaskan, surat suara yang sudah diterima KPU Indramayu terdiri dari surat suara untuk DPR RI sebanyak 1.467 dus, surat suara DPRD Provinsi 1.467 dus, dan surat suara DPRD kabupaten Indramayu sebanyak 1.491 dus. Selain itu, adapula surat suara untuk DPD sebanyak 1.467 dus. 

"Setiap dus berisi 1000 lembar surat suara," tandas Syayidin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement