Selasa 11 Mar 2014 20:50 WIB

Disdik Bogor Dirikan Sekolah Kejuruan Musik

Rep: c64/ Red: Maman Sudiaman
Musik (Ilustrasi)
Foto: FREESTOCKMUSIC.COM
Musik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor berencana  mendirikan sebuah sekolah menengah kejuruan bidang musik. Sekolah Menengah Kejuruan ini adalah sekolah negeri pertama di Kabupaten Bogor yang bidang keahliannya adalah seni, kerajinan, dan pariwisata.

"Sekolah ini bernama SMK 2 Negeri Cibinong (Sekolah Menengah Musik) dan satu-satunya yang ada di Kabupaten Bogor, " Rony Kusmaya, Kepala Humas Dinas Pendidikan Kab Bogor, Selasa (11/3).

Menurut Rony, program studi dari Sekolah Menengah Musik (SMM) ini adalah seni pertunjukan dan Kompetensi Studi SMM adalah Seni Musik Klasik dan Karawitan.  " Untuk ajaran tahun pertama ini kami akan menerima 80 orang sebagai siswa, " ujarnya.

Surat Keputusan No.421.5/174/KPTS/Per-UU/2014 tahun 29 Februari 2014 menyatakan bahwa SMM ini adalah sekolah dengan identitas Negeri. Dipastikan bahwa SMM ini terdapat tiga inti pelajar yaitu Adaptif, Normatif dan Produktif.

Mata pelajaran adatif terdiri atas ; Bhs Inggris, MTK, IPA, IPS, dan Kewirausahaan. Sedangkan, untuk mata pelajaran normatif terdiri atas ; Agama, PKN, Bhs Indonesia, Penjaskes, dan Seni Budaya. Terakhir adalah mata pelajaran Produktif yang terdiri atas ; memainkan Harmoni, teori musik, Okestra, dan beberapa pelajaran memainkan alat-alat musik klasik seperti, piano, violin, saxophone, gitar, dan lalin-lain.

"Biaya operasional untuk sekolah ini sekitar Rp 1,8 miliar per tahun. Jumlah tersebut adalah jumlah biaya operasional yang dikeluarkan oleh APBD Kabupaten Bogor," katanya.

Rony menambahkan bahwa, untuk tahun ajaran pertama ini akan menggunakan gedung sementara yang berada di Komplek SKB Jalan Karadenan Cibinong, Kabupaten Bogor. Menurut informasi, pendaftaran SMK 2 Negeri Cibinong (Sekolah Menengah Musik) akan dibuka pada tanggal 5 Mei-21 Juni.

"Kami secara langsung bekerja sama dengan para pendidik kesenian Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, untuk langsung mendidik siswa di sekolah ini," ungkapnya.

Saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor tengah merekrut para pengajar untuk bidang pelajaran adaptif dan normatif." Tujuan kami mendirikan sekolah ini adalah mencetak dan menciptakan siswa-siswa yang siap tampil dan trampil dalam bidang musik, sehingga mampu bersaing ditingkat Nasional maupun Internasional." tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement