Selasa 11 Mar 2014 18:40 WIB

Indonesia Dinilai Punya Peluang Besar menjadi Negara Maritim

Rep: C62 Ali Yusuf/ Red: Julkifli Marbun
Hasjim Djalal
Foto: Wikipedia
Hasjim Djalal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diplomat ulung Hasjim Djalal, meminta Pemerintah RI peduli terhadap kelangsungan hidup Kelautan. Agar segala yang ada di dalam laut bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup bernegara.

"Tidak hanya mikirin otonomi daerah," kata Hasjim kepada Republika, setelah menjadi pembicara acara Simposium Nasional  bertajuk "Jalan Kemandirian Bangsa" di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Selasa (11/3).

Selain itu kata Hasjim, kita sebagai bangsa Indonesia jangan terus berpikir mengecilkan bangsa sendiri, tapi berpikir untuk bangsa dan negara yang lebih luas.

Kata dia, sampai saat ini, Indonesia masih negara kepulauan, belum dikatakan negara maritim. Padahal Indonesia termasuk negara yang memiliki laut yang luas.

Untuk itu kata Hasjim, kita sebagai bangsa Indonesia harus pandai menjaga keamanan laut dan memanfaatkan laut demi kesejahteraan rakyat. Karena kata dia, banyak negara punya laut tapi tidak bisa memanfaatkannya.

"Malah dirusak lautnya. Atau menyuruh orang lain aja yang memanfaatkan, bukan begitu maksudnya negara maritim," katanya.

Disampaikan dia, Indonesia masih banyak kesempatan untuk menjadi negara maritim. Asal Indonesia bisa memelihara lingkungan laut dan bisa menjaga dari pencurian ikan dan segala jenis perusakan di laut.

Untuk melakukan itu, menurut Penasihat Kepala Staf Angkatan Laut, memang tidak bisa dilakukan dalam satu malam, tapi diperlukan kerja sama antar lembaga, intansi dan akademisi.

"Kerena Indonesia itu memiliki potensi untuk menjadi negara maritim," ujarnya.

Untuk itu ke depannya, siapapun yang menjadi pemimpin baik itu di tingkat eksekutif maupun legislatif dan yudikatif, harus memahami fungsi laut bagian dari pendapatan negara Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement