Kamis 06 Mar 2014 19:30 WIB

Anak SD pun Tak Terbebas dari Narkoba

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi
Narkoba
Foto: ROL/Agung Sasongko
Narkoba

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penyalahgunaan narkoba saat ini sudah memasuki fase yang mengkhawatirkan. Bahkan, siswa SD pun tidak menutup kemungkinan terpengaruh oleh peredaran narkoba melalui jaringan mafia yang sudah tersebar.

"Tidak menutup kemungkinan bahwa penyalahgunaan narkoba telah masuk ke tingkat SD, SMP dan SMA,'' ujar Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Bandung, AKBP Yeni Siti Saodah, kepada wartawan saat Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di SMA Bina Dharma 1 Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/3).

Untuk mencegah penyebaran lebih meluas, perlu adanya penyuluhan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Ini agar bisa terciptanya Indonesia Bebas Narkoba 2015.

Narkoba yang  banyak digunakan para siswa, kata dia, antara lain ganja dan obat-obatan psikotropika lainnya. Biasanya, mereka coba-coba dengan merokok dahulu. Kemudian mereka mencoba ganja lalu obat-obatan.  

Untuk itu, kata Yeni, siswa-siswi tersebut perlu diberikan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena, ketidak-tahuan siswa dikhawatirkan dapat dipengaruhi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sehingga, dapat merusak generasi muda dengan cara membujuk, memberi dan menawarkan narkoba. ''Letak sekolah tersebut biasanya di lingkungan pusat keramaian," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement