Rabu 05 Mar 2014 22:57 WIB

DIY Masuki Musim Pancaroba

Rep: Yulianingsih/ Red: Didi Purwadi
Musim kemarau (ilustrasi).
Foto: Antara/Arief Priyono
Musim kemarau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mulai Maret 2014 ini sebagian wilayah DI Yogyakarta sudah masuk musim pancaroba atau perpindahan dari musim hujan ke kemarau.

Kasie data dan informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Tony Agus Wijaya, mengatakan sebagian wilayah di DIY akan masuk musim kemarau pada akhir Maret 2014 ini. Karenanya, saat ini wilayah DIY sudah masuk pancaroba.

"Ciri khas musim pancaroba itu adalah kondisi cuaca cepat berubah. Kalau pagi cerah, siang panas namun tiba-tiba muncul awan colomunimbus dan sore hujan lebat," katanya, Rabu (5/3).

Wilayah yang akan masuk musim kemarau pada akhir Maret ini adalah wilayah Bantul dan Kulonprogo bagian Selatan. Sedangkan, wilayah lain di DIY baru masuk musim kemarau pada pertengahan Mei 2014 mendatang. Terakhir wilayah Sleman Utara baru masuk musim kemarau pada akhir Mei mendatang.

Karena pergerakan cuaca yang berlangsung cepat, pada musim pancaroba ini akan sering muncul angin kencang bahkan puting beliung. Bahkan, potensi petir disertai hujan lebat juga tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement