Rabu 05 Mar 2014 22:15 WIB

DPR: Terdapat Disparitas Anggaran Madrasah dan Sekolah Umum

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Didi Purwadi
suasana belajar di Madrasah Diniyah (Ilustrasi).
Foto: dangdutpantura.com
suasana belajar di Madrasah Diniyah (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X dari FPKS DPR RI, Ahmad Zainuddin, mengatakan perlu ada perbaikan postur anggaran. Zainuddin menilai ada disparitas dalam postur anggaran fungsi pendidikan antara sekolah umum dan sekolah madrasah.

"Selama ini total anggaran pendidikan bagi sekolah umum jauh lebih besar dari total anggaran sekolah madrasah yang hanya sekitar 10 persen dari total anggaran pendidikan sekolah umum," kata Zainuddin, Rabu, (5/3).

Selain itu, ujar Zainuddin, sekolah umum juga masih mendapatkan tambahan alokasi anggaran pendidikan dari pemerintah daerah. Sedangkan, madrasah tidak.

Pemerintah, kata Zainuddin, selama ini masih belum optimal dalam mengembangkan proporsi anggaran pendidikan di sekolah swasta.

“Padahal, jumlah sekolah swasta kita saat ini cukup banyak tetapi masih saja tertinggal dengan sekolah negeri,” jelasnya.

Zainuddin meminta agar pemerintah kedepannya dapat  menyusun postur anggaran fungsi pendidikan yang lebih memperhatikan pemerataan alokasi anggaran pendidikan serta adanya proporsional anggaran pendidikan bagi sekolah umum dan madrasah maupun sekolah negeri dan sekolah swasta.

“Hal itu sangat perlu dilakukan mengingat pemerintah berkewajiban untuk melaksanakan pendidikan yang berkeadilan bagi seluruh warga negara,” kata  Zainuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement