Selasa 04 Mar 2014 19:29 WIB

Hujan Mengurangi Kabut Asap Di Sumbar

  Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2).    (Antara/Satgas Bencana Asap Riau)
Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2). (Antara/Satgas Bencana Asap Riau)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Turunnya hujan sepanjang Senin (3/3) malam hingga Selasa (4/5) di sejumlah wilayah Sumatera Barat mampu mengurangi ketebalan kabut asap kiriman dari Provinsi Riau yang beberapa hari lalu menyelimuti wilayah ini.

"Hujan sejak kemarin malam sangat mempengaruhi ketebalan kabut asap di Kota Padang dan sekitarnya," kata Kordinator Analisa Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Padangpariaman, Sumbar, Rendy Irawadi di Padang, Selasa (4/3).

Ia menjelaskan, meskipun tidak semua wilayah di Sumbar yang diguyur hujan, namun beberapa daerah lain sudah berhasil 'memotong' kabut asap yang masuk ke wilayah Kota Padang.

Dampak dari hujan tersebut sangat terasa untuk bisa mengurangi kabut asap, hal ini bisa dilihat dari jarak pandang yang sudah kembali normal.

Namun hal tersebut, katanya, tidak akan berlangsung lama, karena arah angin masih menuju Kota Padang dan potensi hujan juga sangat kecil terjadi didaerah itu.

"Kemungkinan kabut asap tersebut malam ini juga akan kembali masuk Kota Padang," katanya.

Intensitas kabut asap tersebut akan berkurang jika arah angin tidak menuju Padang. Selain itu hujan yang terjadi didaerah utara Sumatera Barat juga akan mengurangi kabut asap kiriman dari Riau.

"Lebih baik jika hujan tersebut turun di Provinsi Riau, itu bisa memberikan dampak yang jauh lebih baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement