Selasa 04 Mar 2014 18:33 WIB

Tunggakan Jamkesmas 2013 Capai Rp 40 miliar

Rep: eko widiyanto/ Red: Muhammad Hafil
Utang lagi
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Utang lagi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Klaim tagihan Jamkesmas dari tahun 2013 yang belum dibayarkan ke rumah sakit di Kabupaten Banyumas masih cukup besar. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dokter Istanto mengatakan, nilai total klaim yang belum dibayarkan tersebut mencapai Rp 40 miliar.

''Klaim Jamkesmas yang belum dibayarkan tersebut, antara lain untuk RSU Margono sebesar Rp 20 miliar, RSUD Banyumas sekitar Rp 17 miliar dan sisanya di RSUD Ajibarang,'' jelasnya, Selasa (4/3).

Menurutnya, klain Jamkesmas tahu 2013 ini belum dibayarkan karena perencanaan dari Kementrian Kesehatan prediksinya meleset. Menurutnya, sejak Januari 2014 pengelolaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM) sudah dikelola oleh BPJS Kesehatan. Padahal klaim penggunaan Jamkesmas tahun 2013, belum sepenuhnya lunas.

Sementara, adanya perubahan pengelolaan dari Jamkesmas ke BPJS tersebut, tidak disertai peralihan penjaminan antar lembaga. Kondisi inilah yang menurut Istanto tidak  dikomunikasikan sampai ke bawah.

Meski demikian dia menyebutkan, klaim tunggakan Jamkesmas tersebut, kemungkinan akan tetap dibayarkan. Namun sepertinya hal itu akan menunggu penetapan APBN perubahan, karena tidak mungkin dianggarkan di APBN induk yang sudah ditangani BPJS. ''Ini yang menyebabkan sejumlah rumah sakit mengalami kebingungan,'' terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement