Senin 03 Mar 2014 19:05 WIB

Pemprov DKI Siapkan Lahan 46 Hektare untuk Foxconn

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Foxconn
Foto: European Pressphoto Agency
Foxconn

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo siang ini meninjau lahan kosong milik Pemerintah Provinsi DKI yang berada di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Senin (3/3). Lahan tersebut rencananya akan dibangun menjadi gedung research and development Foxconn Technology Group, sebuah perusahaan elektronik yang akan membangun pabrik di Marunda, Jakarta Utara.

"Foxconn kan mau masuk ke sini. Jadi kita kerjasama siapkan lahan. Tapi ini asetnya masih jadi milik kita. Jadi kita tetap memiliki kewenangan untuk mengelola," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan, ada 46 hektare lahan milik Pemprov yang disediakan untuk Foxcon. Baik untuk lokasi gedung penelitian maupun pabrik.

Menurut Jokowi, dengan adanya kerjasama tersebut, akan ada transfer teknologi dari Foxconn kepada SDM Pemprov. Sehingga, hal ini diharapkan dapat berdampak baik pada perkembangan teknologi di Indonesia. "Nanti mereka akan datang ke sini bulan April dan pembangunan akan dimulai," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah menandatangi perjanjian kerjasama dengan CEO Foxcon, Terry Gou. Foxconn merupakan perusahaan yang bergerak di industri manufaktur produk teknologi. Mereka telah melayani perakitan produk elektronik terkemuka seperti Sony, HTC, Nintendo, Apple, dan juga BlackBerry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement