Selasa 25 Feb 2014 10:34 WIB

BMKG: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi!

Angin kencang. Ilustrasi.
Foto: sportige.com
Angin kencang. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG-- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, mengimbau nelayan mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi di jalur pelayaran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu mulai pukul 07.00 WIB.

"Ketinggian gelombang ini diprakirakan akan mencapai dua hingga tiga meter dengan kecepatan angin mencapai 37 kilometer per jam," kata staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih diPangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, ketinggian gelombang dan angin kencang ini berpotensi terjadi di Selat Gelasa, Utara Bangka, Selatan Bangka dan Selat Karimata bagian utara jalur pelayaran Babel. Pihaknya telah mengimbau kepada nelayan tradisional dengan ukuran kapal kecil untuk sementara waktu tidak melaut mengingat kondisi cuaca dan ketinggian gelombang ini sangat beresiko bagi keselamatan.

"Diharapkan kepada nelayan untuk sementara waktu tidak melaut hingga kondisi perairan kembali tenang karena jika sekarang dipaksakan melaut sangat membahayakan keselamatan," ujaranya.

Sementara itu, kata Evi, berdasarkan pantauan satelit cuaca seluruh daratan di Babel diprakirakan berawan dan tidak berpotensi turunnya hujan. "Seluruh daratan Babel dari enam kabupaten/kota kondisi cuaca hanya berawan dan tidak berpeluang turunnya hujan,"kata Evi.

Ia menambahkan, kecepatan angin di daratan ini berkisar antara 5 hingga 27 kilometer per jam dengan suhu mencapai 32 derajat celcius.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement