Senin 24 Feb 2014 16:05 WIB

KBS Akan Diistirahatkan Tiap Jumat

Rep: Rr. Laeny Sulistywati/ Red: Bilal Ramadhan
 Seekor Komodo ditemukan mati (kiri) di salah satu kandang Komodo, di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Sabtu (1/2). (Antara/Eric Ireng)
Seekor Komodo ditemukan mati (kiri) di salah satu kandang Komodo, di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Sabtu (1/2). (Antara/Eric Ireng)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) berencana meliburkan Kebun Binatang Surabaya (KBS) setiap hari Jumat supaya satwa-satwa di KBS dapat beristirahat. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pihak Pemkot Surabaya sebagai pengelola KBS sudah menyepakati bahwa hari Jumat menjadi hari libur KBS.

"Untuk itu, dengan diliburkan sehari, satwa bisa beristirahat. Satwa kan butuh suasana sunyi dan hari itu juga sebagai upaya kami untuk merawat kandang secara menyeluruh," katanya usai acara Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju Masyarakat Berbudaya 3R Untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan tema 'Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020' di Kota Surabaya, Senin (24/2).

Dengan adanya libur setiap Jumat, Risma berharap penjaga (keeper) bisa lebih fokus merawat satwa di KBS. Nantinya pegawai KBS wajib melakukan bersih-bersih agar lingkungan KBS tidak terlihat jorok. Meski demikian, Risma belum tahu secara pasti kapan hari libur KBS akan diterapkan.

Pihaknya akan menggelar rapat dengan pihak terkait sekaligus melakukan sosialisasi agar pengunjung tahu hari libur tersebut. Dengan adanya hari libur, Risma mengaku pihaknya tidak mempermasalahkan jika pendapatan yang diperoleh dari KBS akan hilang selama sehari.

"Dari awal sudah saya katakana kalau tujuan kami bukan hanya cari keuntungan saja, melainkan juga konservasi satwa dan lingkungannya," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement