Ahad 23 Feb 2014 18:41 WIB

Kodim Gugah Gotong Royong Melalui Aksi Kebersihan

Prajurit TNI AD
Foto: Agung Sasongko/ROL
Prajurit TNI AD

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol (Inf) Anwar menyatakan, pihaknya berupaya menggugah masyarakat tentang pentingnya gotong royong melalui aksi kebersihan dan lingkungan.

"Kegiatan semacam ini akan rutin dilaksanakan, khususnya di wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor karena ini merupakan amal bakti kepada masyarakat," katanya melalui Diskominfo Kabupaten Bogor, Jawa Barat di Cibinong, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa bersama anggota Polri, Satpol-PP, Pramuka serta unsur elemen masyarakat lainnya, mereka melakukan aksi bersih lingkungan di wilayah Sukaraja.

Kegiatan dilakukan di sekitar Pasar Ciluar dengan tujuh titik lokasi pembersihan yang telah diawali pada Jumat (22/2).

Menurut dia, mengapa dalam setiap kegiatan pihaknya menggandeng masyarakat dan elemen lain, karena tanpa rakyat TNI dan Polri tidak ada artinya.

"Sekali lagi, melalui kegiatan ini juga saya ingin menggugah masyarakat tentang rasa gotong royong yang saat ini sudah mulai luntur," katanya.

Disampaikannya bahwa kegiatan Gerakan Nasional Bersih merupakan bukti bahwa TNI dan Polri di Kabupaten Bogor bersinergi tanpa adanya sedikit pun gesekan seperti yang terjadi di daerah lain.

"Namun, kami tidak hanya untuk kegiatan ini saja TNI dan Polri bersinergi namun juga program lain, dan itu dilakukan untuk bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Anwar menegaskan bahwa TNI dan Polri merupakan perekat bangsa, sehingga prinsip itu harus dipedomani sebagai komitmen yang kuat.

"Bagaimanapun TNI dan Polri selalu bersama rakyat. TNI dan Polri akan kuat dengan rakyat, sehingga kita tidak akan lepas dengan rakyat serta komponen masyarakat lainnya," katanya.

Melalui kegiatan aksi bersih itu, pihaknya mengharapkan masyarakat Kabupaten Bogor terus menjadi pelopor kelestarian lingkungan sekitarnya.

"Karena dengan lingkungan yang bersih maka akan tercipta keindahan dan kenyamanan dan jauh akan penyakit," katanya.

Ia menambahkan bahwa dengan kegiatan itu diharapkan masyarakat dapat sadar akan kebersihan lingkungan sekitar.

"Kegiatan ini juga merupakan tugas kita membantu Pemerintah Kabupaten Bogor dalam membersihkan lingkungan, karena lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana nyaman dan tenteram," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement