Ahad 23 Feb 2014 14:32 WIB

PBNU Gandeng Lion Group

Ketum PBNU Said Agil Siraj
Ketum PBNU Said Agil Siraj

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Sebuah lembaga pengembangan ekonomi masyarakat kerja sama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Lion Group resmi diluncurkan di Ponpes Nur Antika, Tigaraksa, Tangerang, Banten, Ahad (16/2).

Lembaga ekonomi bernama NU-Lion itu bakal mengawal kegiatan ekonomi kelas kecil dan menengah warga nahdliyin.

“Warga NU itu mayoritas menengah ke bawah. Lion Grup ingin sekali meningkatkan ekonomi warga NU,” kata Direktur Utama Lion Group Rusdi Kirana.

Rusdi juga mengatakan, program NU-Lion merupakan wujud terima kasihnya kepada NU yang mengambil peran cukup penting dalam menjaga kebhinekaan Indonesia.

Menurutnya, program ini bukan semata servis politik jelang pemilu 2014. “NU-Lion benar-benar saya persembahkan untuk NU dan Indonesia,” katanya.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengapresiasi realisasi program NU-Lion. Menurutnya, keputusan membangun kerja sama ekonomi dengan PBNU sudah tepat.

Apalagi, dengan niat tulus untuk membesarkan warga NU. “Sudah pas kalau Pak Rusdi gabung PKB dengan nawaitu-nya membesarkan warga Nahdliyin,” ujarnya.

Kiai Said juga menegaskan, NU memiliki modal sejarah cukup besar dan nyata dalam ikut membangun fondasi berdirinya NKRI. Karena itu, NU tidak boleh dipinggir dan tidak boleh jadi penonton. “NU sebagai pemilik sah harusnya menjadi pemilik negeri ini,” kata Kiai Said.

Sementara itu, Ketua Umum Partai kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan, tantangan besar perkenomian bangsa, khususnya warga Nahdliyin, dimulai derngan hadirnya NU Lion.

“Dari Nur Antika kebangkitan NU dimulai, dengan NU-Lion kita siap lanjutkan cita-cita ekonomi Gus Dur,” ujarnya.

Cak Imin yang juga Menakertrans mengatakan, dulu ketika Gus Dur menjadi Ketua Umum PBNU, pemikiran untuk mengangkat perekonomian warga NU sebenarnya sudah dimulai.

Gus Dur merintisnya dengan membuka kerja sama dengan Bank Summa. Kemudian, berdirilah Bank-Bank Perkreditan Rakyat bernama NUsumma. “Namun sayang, program kerja sama tersebut belum maksimal,” katanya.

Untuk itu, ia berharap banyak kerja sama Lion Grup dengan PBNU ini menjadi titik balik kebangkitan ekonomi warga NU. Ia pun berharap warga NU bisa memaksimalkan kerja sama ini dengan sebaik-baiknya agar peningkatan ekonomi warga NU menjadi nyata.

Selain dihadiri KH Said Aqil Siroj, Muhaimin Iskandar, dan Rusdi Kirana, peluncuran NU-Lion ini juga dihadiri Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, KH Abd Ghofur, dan Menteri PDT Helmy Faishal Zaini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement