Ahad 23 Feb 2014 09:40 WIB

Pemprov Jabar Gelar Ajang 'Idol', Apaan Tuh?

Rep: Ari Lukihardiyanti/ Red: Muhammad Hafil
 Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengamati keterangan tentang Gunung Padang pada Pameran Gotrasawala di Gedung Merdeka, Bandung, Sabtu (7/12).  (Republika/Edi Yusuf)
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengamati keterangan tentang Gunung Padang pada Pameran Gotrasawala di Gedung Merdeka, Bandung, Sabtu (7/12). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemprov Jawa Barat segera menggelar ajang festival kesenian skala besar yang berlangsung secara maraton. Menurut Wagub Jabar Deddy Mizwar, lomba ini akan digelar di 4 Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) secara bersamaan atau bergiliran. 

"Yang akan dilombakan seni tari,musik,teater. Ada juga festival film pendek," ujar Deddy akhir pekan lalu.

Menurut Deddy, acara ini sengaja digelar terlebih dahulu di 4 BKPP. Lalu, nantinya akan difinalkan di Kota Bandung. Akhir tahun, anggarannya akan dialokasikan di APBD Perubahan. ''Insya allah kami masukan lagi [festival] angklung di tingkat BKPP. Supaya partisipasi masyarakat menjaga kesenian terjaga," katanya.

Deddy mengatakan, mereka yang juara festival kesenian tingkat provinsi selanjutnya bisa diberikan kesempatan untuk mengisi acara-acara kesenian di hotel bintang 5. ''Kelasnya, yang provinsi sudah beda nanti akan fasilitasi di hotel bintang 5,di acara-acara provinsi," katanya.

Sementara untuk film pendek, kata dia, pemenangnya akan ditayangkan berbarengan dengan acara Festival Film Bandung yang puncaknya kerap berlangsung akhir tahun. Pemprov Jabar, akan merancang aturan agar pemenang festival hanya dibatasi dua kali jadi juara. Umur peserta yang ikut, antara 15-40 tahun. "Mungkin juga akan ada subsidi khusus untuk grup-grup ini," katanya.

Yang menjadi jurinya, kata dia, adalah pihak pemerintah beserta unsur akademisi dan pelaku seni setiap BKPP.  Agenda ini, akan mulai berlangsung April. ''Maret akan sosialisasi terlebih dahulu," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement