Jumat 21 Feb 2014 13:09 WIB

Solidaritas Perempuan Dukung Risma Bertahan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Organisasi kemasyarakatan Solidaritas Perempuan mendukung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bertahan dan tetap memimpin kota ini meski diisukan mundur karena banyak tekanan dari berbagai pihak selama menjabat.

"Kami melihat Tri Rismaharini sosok perempuan tangguh dan kuat. Kami yakin dan mendukung beliau tetap melanjutkan kepemimpinannya," ujar Ketua Badan Eksekutif Nasional Solidaritas Perempuan Wahidah Rustam kepada wartawan di Surabaya, Jumat (21/2).

Menurut dia, ketika perempuan berada di posisi pengambil keputusan maka dipastikan akan banyak tekanan dan permintaan untuk menentukan sebuah sikap. Karena itulah dibutuhkan sosok yang benar-benar tangguh dan kuat menghadapinya.

"Kami pikir Bu Risma memiliki itu. Terlepas ada atau tidaknya tekanan dari berbagai pihak, kami tetap optimistis beliau melewatinya," kata dia.

Kendati demikian, sebagai aktivis perempuan ia enggan membicarakan tentang politik menanggapi persoalan Risma saat ini. Pihaknya memandang Risma mampu membangkitkan semangat dan menginspirasi rakyatnya, terutama kaum wanita. Tentang sosok dan gaya kepemimpinan Risma, perempuan berjilbab tersebut mengapresiasinya. Selama hampir empat tahun memimpin, Risma dinilai mampu memberdayakan kaum perempuan, khususnya masyarakat marjinal.

Semisal, lanjut dia, pemberdayaan wanita-wanita yang selama ini menjadi pengemis, diubah menjadi wanita yang bisa berkarya dan terampil. Selain itu, para wanita tuna susila juga perlahan dientas serta dijadikan pelaku usaha yang mandiri.

"Ini yang patut diteladani dan tidak semua pemimpin seperti dia. Kaum wanita marjinal sekalipun dipikirkan, bahkan para lanjut usia dan anak jalanan mendapat perhatian lebih dari Bu Risma," kata Wahidah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement