Kamis 20 Feb 2014 21:07 WIB

Yuk Intip, Rahasia Dapur Kesuksesan Risma Ubah Wajah Surabaya

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Agung Sasongko
Taman Bungkul Surabaya
Foto: eastjava.com
Taman Bungkul Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surabaya belakangan ini mencuri perhatian dunia. Beberapa perubahan terlihat di Surabaya, seperti lebih hijau dan bersih. Penghargaan Internasional Asean Townscape Awards (ATA) 2013 dan FutureGov Awards 2013 jadi bukti konkret tangan dingin seorang Tri Rimsmaharini.

Kepada ROL di Jakarta, Kamis (20/2), Risma membocorkan rahasia dapurnya dalam mengubah Surabaya.

"Yang pertama aku harus tahu apa yang diinginkan masyarakat, kalau aku buat progam harus sesuai masyarakat," kata dia. Sebagai contoh saja, saat membangun taman, tidak hanya tampilan indah tetapi juga bisa dinikmati.

Kedua, lanjut dia, ketika membangun perpustakaan tentu harus dipikirkan faktor lokasi. Menurut Risma, perpustakan harus dekat dengan masyarakat. Ketiga, buat layanan yang tidak membedakan. Misalnya, ada layanan pelatihan bahasa Inggris dan Mandarin bagi mereka yang tak mampu.

Terakhir, fasilitas publik khusus remaja juga penting untuk dibangun. Anak-anak yang suka kebut-kebutan dibangun sirkuit. Yang suka memanjat, dibuat wall climbing. "Kita buat pula fitnes gratis," ucapnya.

"Intinya, yang paling penting adalah menjadikan kota Surabaya sebagai kota yang nyaman untuk mencari kerja, mencari makan, rekreasi, berkreatifitas, belajar dan interaksi," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement