Kamis 20 Feb 2014 11:44 WIB

Konsumsi Ikan Ditarget 35 Kg per Kapita

Rep: CR 01/ Red: Taufik Rachman
Ikan laut (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ikan laut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan konsumsi ikan di tahun 2014 sebanyak 38 kilogram perkapita per tahun. Tahun ini program pola pangan harapan ini difokuskan pada ibu hamil dan anak-anak kecil.

"Kenyataannya ibu-ibu hamil dan anak kecil rentan terhadap pertumbuhan gizi," kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut P. Hutagalung di sela bazar produk perikanan di Jakarta, Kamis (20/2).

Konsumsi ikan kedua kelompok tersebut menurutnya masih terbilang kecil. Padahal ibu hamil dan anak kecil adalah masa yang tepat untuk pertumbuhan saraf.

Terlebih kondisi anak-anak sekarang yang lebih banyak mengkonsumsi makanan ringan yang banyak mengandung MSG. Karena itu manurutnya, KKP mendorong produsen untuk memproduksi produk olahan ikan yang menyasar anak sekolah."Andaikata ini sudah bisa dipenuhi kita sudah merasa sangat nyaman," katanya.

Tahun lalu, KKP mencatat, angka pola pangan harapan sudah mencapai 35 kilogram per tahun. Tahun ini selain menyasar pada kelompok ibu hamil dan anak-anak, program pola pangan harapan juga lebih banyak menyasar di kota-kota kecil.

"Masih banyak daerah tingkat konsumsi yang masih rendah, seperti Yogyakarta dan daerah di Jawa Tengah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement