Rabu 19 Feb 2014 23:51 WIB

Marinir Evakuasi Warga Antisipasi Lahar Dingin Kelud

Warga menyaksikan aliran lahar dingin di tanggul Waduk Siman, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (19/2).  (Republika/Adhi Wicaksono)
Warga menyaksikan aliran lahar dingin di tanggul Waduk Siman, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (19/2). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Satuan Tugas Marinir TNI AL di Posko Pujon mengerahkan satu peleton pasukan untuk mengevakuasi warga Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, guna mengantisipasi kepungan lahar dingin di wilayah setempat pada Rabu sore.

"Pengerahan pasukan itu untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, mengingat hujan deras mengguyur kawasan puncak Gunung Kelud yang tidak menutup kemungkinan menimbulkan bahaya banjir lahar dingin," kata Komandan Satgasmar, Letkol Marinir Kurniawan BCP, Rabu.

Dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Surabaya, ia menjelaskan pengerahan pasukan yang dipimpin Letda Mar Sholeh tersebut menyisir perkampungan Desa Pandansari dan memeriksa satu persatu rumah penduduk.

"Jika ada penghuninya, maka mereka akan diimbau agar segera kembali ke tempat pengungsian,'' katanya. ''Apalagi, hujan deras yang mengguyur kawasan puncak Gunung Kelud sehari sebelumnya telah mengakibatkan banjir lahar dingin hingga memutuskan jalan dan jembatan Pandansari-Selorejo."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement