Senin 17 Feb 2014 11:10 WIB

Awas, Buaya Ini Bisa Memanjat Pohon

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
 Petugas satwa merelokasi buaya muara (Crocodylus Porosus) dari kandang sementara mereka ke kandang pertunjukan yang telah selesai direnovasi di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (10/2).   (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Petugas satwa merelokasi buaya muara (Crocodylus Porosus) dari kandang sementara mereka ke kandang pertunjukan yang telah selesai direnovasi di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (10/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lupakan kadal lompat. Di Australia, Afrika dan Amerika Utara buaya yang bisa memanjat adalah hal yang harus anda khawatirkan.

Penelitian terbaru menemukan buaya mampu memanjat pohon. Reptil ini bahkan mampu mencapai bagian pohon paling atas.

Di tiga benua tersebut, terdapat empat spesies buaya yang memanjat pohon. Mereka memanjat pohon untuk membantu mengatur temperatur tubuh dan mengawasi habitat mereka.

"Pengawasan dari atas pohon paling sering dilakukan di wilayah dimana terdapat sedikit tempat untuk mengawasi dari darat. Ini mengisyaratkan buaya itu perlu tempat alternatif untuk mengatur suhu tubuhnya," seperti dilaporkan dalam jurnal online Herpetology Notes, yang dikutip dari  live science Senin (17/2).

 

Jenis buaya yang mampu memanjat pohon tinggi adalah jenis yang ditemukan di Afrika Tengah. Buaya sepanajng 1,4 meter ini dapat menyeberangi sungai sepanjang empat meter dan merangkak di dahan setinggi empat meter.

Buaya terbesar yang diamati adalah buaya di Sungai Nil sepanjang dua meter. Buaya ini memanjat dahan jatuh setinggi 1,5 meter di Botswana.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement